Friday, June 8, 2012

Ternyata Badminton Sudah Dimainkan Sejak 2000 Tahun Lalu

[imagetag]

Badminton atau di Indonesia dikenal dengan sebutan bulu tangkis, termasuk salah satu olahraga yang cukup populer di dunia. Dalam satu tahun, setidaknya ada dua even besar kejuaraan badminton internasional, yakni piala Uber dan Thomas, serta kejuaraan All England. Kedua ajang ini selalu menjadi perebutan sengit para atlet badminton kelas dunia.

Cina menjadi negara terkuat dalam cabang olahraga ini. Atlet-atlet badminton dari Cina punya reputasi yang sangat bagus dan sulit dikalahkan lawan. Dalam kedua jenis kejuaraan bergengsi itu, Cina hampir selalu tampil paling dominan. Sedangkan dari daratan Eropa, negara yang cukup kuat dalam cabang badminton adalah Denmark. Inggris sendiri, sebagai pemilik All England tidak begitu kuat dalam cabang ini.

Namun demikian, Inggris memang sudah cukup lama mengenal olahraga yang satu ini. Di masa lalu, orang Inggris menyebut olahraga yang satu ini dengan istilah 'battledore' dan 'shuttlecock'. Di Inggris, badminton sudah mulai populer pada abad pertengahan. Saat menjajah India, Inggris juga membawa badminton ke wilayah tersebut.

Di Yunani, seperti dituliskan situs officialbadminton.com, badminton sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu. Namun, olahraga tersebut baru dinamai badminton pada abad ke-19, yakni mulai tahun 1870. Nama ini dinobatkan oleh Duke of Beaufort setelah membangun sarana olahraga bernama Badminton Haouse di Gloucestershire1. Setelah nama tersebut dinobatkan, kemudian didirikan persatuan badminton dunia, The International Badminton Federation yang berbasis di Gloucestershire.

Di saat yang hampir bersamaan, badminton juga mulai dikenal luas masyarakat Inggris. Dari negara inilah upaya untuk menstandarkan badminton dicetuskan. The Badminton Association of England menjadi motor penggerak dirumuskannya standar permainan badminton. Pada tahun 1893, organisasi ini secara resmi mempublikasikan untuk pertama kalinya aturan-aturan yang harus dijalankan dalam permainan badminton.

Setelah membuat standar aturan permainan, Inggris kemudian menggelar kejuaraan badminton bernama All England. Kejuaraan ini mulai digelar tahun 1899, sebagai turnamen badminton internasional pertama di dunia. Kejuaraan ini menjadikan olahraga badminton semakin besar dan diminati banyak orang.

Untuk mengorganisasi olahraga tersebut dengan baik, Inggris kemudian memprakarsai berdirinya organisasi dunia badminton. International Badminton Federation (IBF) didirikan tahun 1934. Organisasi ini menjadi wadah bagi negara-negara yang ingin memajukan olahraga tersebut. Negara-negara yang pertama bergabung dalam IBF itu adalah Inggris, Prancis, Kanada, Denmark, Belanda, Selandia Baru, Irlandia, juga Scotlandia dan Wales. Kemudian di tahun 1936, India berafiliasi ke organisasi ini.

Selain versi Inggris, ada pula kisah sejarah badminton versi Amerika. Di wilayah ini tercatat ada klub badminton bernama Badminton Club of New York tahun 1878. Namun demikian, Badminton baru menjadi populer di Amerika pada tahun 1930-an. Peran para bintang Hollywood cukup besar untuk mempopulerkan badminton hingga saat ini.

#11fcba

0 comments:

Post a Comment