ads

Khasiat Rumput Laut Untuk Kesehatan Jantung

Bagi kebanyakan orang rumput laut bukanlah suatu jenis makanan yang diminati, dan cenderung diabaikan masyarakat barat.
Namun menyelipkan rumput laut pada saat makan malam dapat membantu mencegah serangan jantung, kata para peneliti.
Para peneliti telah menemukan bahan-bahan kunci dalam rumput laut yang membantu menurunkan tekanan darah, mirip dengan obat yang biasa diresepkan oleh dokter.


Menurut sebuah studi besar, rumput laut merupakan sumber yang kaya protein yang dikenal sebagai peptida bioaktif yang juga ditemukan dalam susu. Bahan kimia ini memiliki efek mirip dengan obat ACE inhibitor, yang secara luas diresepkan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Diketahui, rumput laut sangat jarang dikonsumsi masyarakat eropa dan barat, namun berbagai jenis rumput laut telah menjadi bahan pokok dalam makanan Jepang selama berabad-abad.

Varietas populer dari rumput laut adalah Wakame, digunakan dalam sup miso, Kombu, dan Nori, yang dikeringkan dan digunakan untuk membungkus sushi.

Dr Maria Hayes, dari Pusat Penelitian Makanan Teagasc di Dublin, mengatakan bahwa rumput laut adalah sumber makanan sehat yang belum dimanfaatkan.

Rumput laut sangat rendah akan kalori, dan beberapa ilmuwan mengklaim bahwa menkonsumsinya dapat membantu dalam penurunan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak.

Bahkan peneliti Jepang baru-baru ini menemukan bahwa tikus yang diberi makan jenis rumput laut tertentu kehilangan 10 persen berat badan mereka.

rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Selain karbohidrat, protein, lemak dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium dan natrium. Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat. 


Hasil Olahan Rumput Laut 

[imagetag]

Nori: Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses selanjutnya dikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng. Pilih nori yang lentur, kering dan warnanya hitam mengkilat. 
[imagetag]
Kombu dan Wakame Sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunya digunakan untuk isi soup, salad atau tumisan. Sedangkan wakame, bentuknya hampir menyerupai kombu, biasanya digunakan untuk campuran salad, isi soup atau campuran mie. jangan merebus wakame lebih dari satu menit untuk mendapatkan citarasa yang maksimal. 

[imagetag]
Manisan Rumput Laut Diperoleh dari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya. Citarasanya menyegarkan dan teksturnya kenyal juga renyah, sangat cocok untuk campuran es, pudding dan aneka dessert.

Agar-agar Proses membuat agar-agar sangat panjang. Tahap pertama pemilihan jenis rumput laut yang akan digunakan, yaitu jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Slanjutnya proses pemecahan dinding sel, pemasakan(ekstrasi) sampai pada pengeringan. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam aneka bentuk, baik yang batangan maupun serbuk. 

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat :
Antikanker Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

Antioksidan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.


[Sumber]

#11fcba

Comments

Popular Posts

ads2