ads

Eksperiman Menakutkan Darwin Dibawa ke Era Digital

[imagetag]
Salah satu eksperimen terakhir Charles Darwin terlahir kembali di era digital, yakni ekperimen dengan menyetrum wajahnya sendiri demi mengetahui emosi manusia. Penasaran?
Pelopor teori evolusi ini memiliki koleksi foto menampilkan pria asal Prancis ini sedang disetrum. Ekperimen ini dilakukan di rumah Darwin pada 1868. Saat itu ia meminta orang untuk menggambarkan ekspresi yang tercipta setelah disetrum.
Hasilnya, Darwin mendapat 24 gambaran dan ia menggunakannya untuk memberi deskripsi tiap wajah. Eksperimen ini memiliki tujuan untuk menentukan apakah 'inti universal emosi' memang ada atau hanya merupakan modifikasi dari sejarah oleh bahasa atau budaya.
Kini University of Cambridge membawa eksperimen ini ke dunia maya. "Semua pertanyaan mengenai inti universal emosi diharapkan bisa terjawab. Ekperimen kami akan memiliki skala yang lebih besar," kata universitas itu seperti dikutip Wired.
Sementara 24 hasil Darwin tambah sangat meyakinkan, studi pada 18 ribu orang akan jauh lebih bisa dipercaya.
"Emosi ternyata tak hanya perpaduan budaya juga merupakan perpaduan sejarah. Emosi berevolusi," tutupnya. 
[imagetag] http://www.wired.com/wiredscience/wp-content/gallery/st_darwinsfaces/st_darwinsfaces5_f.jpg[imagetag] http://www.wired.com/wiredscience/wp-content/gallery/st_darwinsfaces/st_darwinfaces5_f.jpg[imagetag] http://www.wired.com/wiredscience/wp-content/gallery/st_darwinsfaces/st_darwinfaces7_f.jpg



sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/
186174
5/eksperiman-menakutkan-darwin-dibawa-ke-era-digital
874465

Comments

Popular Posts

ads2