Monday, May 21, 2012

Ada Kanguru di Papua

[imagetag]

KANGURU DI TAMAN NASIONAL WASUR


Siapa bilang melihat kanguru harus ke Australia? Di Taman Nasional Wasur, Papua, Anda dapat melihat hewan berkantung tersebut dari dekat. Tidak hanya itu, di sana juga ada rumah rayap raksasa, hingga aneka satwa yang cantik.

Taman Nasional Wasur terletak di Merauke, Papua. Dari Merauke, perjalanan menghabiskan waktu satu jam untuk tiba di taman nasional ini. Salah satu satwa yang terkenal dan selalu dilihat oleh para traveler di taman nasional ini adalah kangguru. Satwa yang lucu dan identik dengan Australia ini, dapat Anda jumpai langsung di Taman Nasional Wasur.

Dari situs resmi Departemen Kehutanan yang dikunjungi detikTravel, Senin (21/5/2012), Taman Nasional Wasur memiliki luas sekitar 4.260 km2. Taman nasional ini merupakan lahan basah terluas di Papua. Di sana terdapat rawa, sungai, danau, hingga savana. Oleh karena itu, Taman Nasional Wasur menjadi rumah yang harmonis bagi para satwa di dalamnya.

Beberapa jenis satwa khas yang dapat Anda jumpai di sana adalah kanguru, burung cendrawasih, walabi (kangguru kecil), kasuari, aneka jenis ikan dan buaya. Hal menarik lainnya di taman nasional ini adalah rumah rayap yang berukuran raksasa.

Hewan khas dan unik di taman nasional tersebut adalah kanguru, dengan nama resminya adalah kanguru pohon (Dendrolagus spadix). Sekilas kanguru Papua ini tidak jauh berbeda dari kanguru Australia, perbedannya terletak pada ukuran tubuh. Kanguru Papua memiliki badan yang lebih kecil dari kanguru Australia. Akan tetapi, hewan tersebut memiliki tingkah laku yang sama, yaitu loncat-loncat.

Anda juga bisa melihat rumah rayap dari dekat. Gundukan tanah tersebut menjulang tinggi dan sangat unik. Dengan tinggi 4-5 meter, bahan sarangnya terbuat dari rumput dan lumpur yang disusun oleh rayap. Orang Papua menyebutnya sebagai musamua, yaitu istana. Di Indonesia, rumah rayap ini hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Wasur.

[imagetag]

RUMAH RAYAP RAKSASA YANG TERKENAL



Beberapa jenis satwa seperti rusa dan burung cendrawasih juga dapat Anda temukan di sini. Selain itu, di taman nasional ini juga ditumbuhi banyak jenis pohon bakau (mangrove), bambu dan sagu, yang sering dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Berkunjung ke Taman Nasional Wasur akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Apalagi saat Anda bermain-main dengan kanguru di tempat penangkarannya, dijamin akan menjadi cerita yang seru.


[imagetag]

SAVANA YANG LUAS DAN KHAS PAPUA


[imagetag] Ada burung kasuari juga lho! (Harley B Sastha /ACI)

ADA BURUNG KASUARI JUGA LHO!


[imagetag]

LUCUNYA KANGURU DI TAMAN NASIONAL INi



sumber :http://travel.detik.com/read/2012/05/21/114949/1920660/1025/ssst-ada-kanguru-di-papua?991104topnews
874465

0 comments:

Post a Comment