ads

Ada Gerhana Matahari Senin Pagi Di Indonesia

[imagetag]
Gerhana Matahari pertama di tahun 2012 akan terjadi pada Senin (21/5/2012) pagi waktu Indonesia. Sayang hanya sebagian wilayah Indonesia saja yang bisa mengamatinya.Fenomena Gerhana Matahari kali ini termasuk jenis gerhana Matahari cincin. Karena posisinya saat ini, saat bulan menutupi Matahari, tidak semua bagian tertutup sehingga masih ada bagian Matahrai yang terlihat di sekelilingnya.

Namun, penampakan gerhana tergantung tempat pengamatannya. Beberapa wilayah akan bisa melihat Gerhana Matahari Cincin, sementara wilayah lain hanya melihat Gerhana Matahari Sebagian.

Berdasarkan informasi di website NASA, wilayah yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah Asia Timur, wilayah Samudera Pasifik bagian utara dan bagian barat Amerika Serikat.

Saat Gerhana Matahari Cincin terjadi, bagian tengah Matahari akan gelap. Sementara, bagian tepinya akan menyala. Cincin akan terlihat cukup tebal sebab piringan Bulan hanya akan menutupi 94 persen piringan Matahari.

Gerhana Matahari Cincin akan terjadi dalam durasi waktu 5 menit 46 detik. Dari total luas wilayah Bumi, hanya 0,74 persen saja yang akan bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin ini.
Sementara itu, wilayah Indonesia hanya akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian. Itu pun tak semua, hanya beberapa wilayah di bagian utara Indonesia saja.

"Gerhana matahari sebagian hanya teramati di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua saat matahari terbit Senin pagi, 21 Mei 2012," kata Thomas Djamaluddin dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam posting di jejaring sosialnya.

"Di Kalimantan gerhana sedang berlangsung saat matahari terbit. Di Papua, seluruh proses gerhana teramati sesaat setelah matahari terbit," lanjut Thomas.

Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan timur Indonesia, gerhana bisa disaksikan sejak pukul 6.30 WIT.
Masyarakat yang akan menyaksikan Gerhana Matahari perlu berhati-hati. Tidak diperbolehkan mengamati secara langsung atau kalau akan melihat langsung harus dilengkapi dengan filter cahaya.

sumber

#11fcba

Comments

Popular Posts

ads2